Saturday 24 July 2010

Apa Itu LATEX ?

Anda sudah mengenal LATEX? Beberapa orang yang sudah mendengar tentang LATEX, menyatakan bahwa LATEX merupakan bahasa langit, sehingga hanya para dewa saja yang bisa menggunakannya. Tulisan berikut ini, memberi penjelasan kepada Anda betapa mudahnya menggunakan LATEX.

LATEX merupakan salah satu perangkat pengolah kata (word processor) yang dibuat oleh Donald E. Knuth, pada bulan Mei 1977. Pada awalnya, ditujukan untuk pembuatan dokumentasi teknik dengan simbol-simbol matematis. Namun kini banyak digunakan untuk pembuatan artikel-artikel dan buku-buku yang bersifat non teknis, termasuk artikel yang Anda baca saat ini ditulis dengan menggunakan LATEXdan editor pendukungnya, yaitu Kile.

Pada awalnya, LATEX berasal dari TEX, yang dibuat dengan bahasa pemrograman Pascal. Namun pada pengembangannya kemudian, dibuat dengan dengan bahasa C. Karena saat itu, perintah-perintah pada TEX dirasakan sangat sulit untuk membuat dokumen yang terstruktur, yang terdiri dari unsur-unsur seperti: bab, sub-bab, paragraf, tabel, gambar yang berurutan, dan lain sebagainya. Oleh Leslie Lamport, TEX kemudian disempurnakan dengan perintah-perintah tambahan yang mendukung pembuatan dokumen yang terstruktur. Hasil dari penyempurnaan inilah yang kemudian kita kenal dengan LATEX. Saat ini LATEX senantiasa mengalami perkembangan yang semakin lengkap, namun juga semakin kompleks. LATEX yang diperkenalkan oleh Leslie Lamport, dikenal sebagai LATEX versi 2.09.

Saat ini LATEX yang penulis gunakan dan juga digunakan secara umum adalah LATEX2E, yang memiliki berbagai kelebihan, antara lain sebagai berikut:

  1. Memiliki kelebihan dalam penambahan: warna, font dan grafik.
  2. Untuk memberi standard baku dalam penulisan LATEX, untuk mengatasi munculnya berbagai format LATEX, seperti: SLiTEX, AMS-LATEX, dan lain sebagainya.
  3. Pemberian standard penulisan baku untuk teks, formula teknis, dan pembuatan tabel.
  4. Pemberian kemudahan dalam penulisan naskah non teknis.
  5. Portabilitas dokumen pada bagian platform.
  6. Dukungan terhadap berbagai bahasa (multilingual support)
  7. Keberadaannya yang luas.
  8. Dukungan dan pemeliharaan yang handal dari kelompok LATEX, yang dipimpin oleh Frank Mittelbach.
Penyempurnaan terhadap LATEX masih berlangsung sampai saat ini, dan hasilnya akan disajikan dalam LATEX3. Penjelasan artikel yang penulis gunakan saat ini masih mengacu pada standard LATEX2E.

Di Jerman, LATEX sudah digunakan secara umumdi sekolah-sekolah dan universitas. Melalui tulisan ini, penulis berharap para pembaca yang berasal dari kalangan pengajar dan akademisi untuk berkenan memperkenalkan LATEX, baik kepada para siswanya maupun kepada sesama pengajar. Sehingga LATEXbisa digunakan secara umum melengkapi penggunaan propriate program yang ada saat ini.

Artikel LATEX ini penulis buat semudah dan serinci mungkin, dengan harapan pembaca bisa menggunakannya dengan baik dan menyebarkan kepada orang lain, hasil dari pengetahuan ini.

Posting Terkait

0 comments:

Post a Comment

Mikail Alfith Amarullah

↑ Grab this Headline Animator

IKLAN

  © Blogger Tamplates

Back to TOP