Saturday, 17 March 2012

Ilmu Sosial dan Budaya Dasar

Secara sederhana IBD adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.

IBD bukanlah pengantar disiplin ilmu tersendiri, tetapi menggunakan pengertian-pengertian (fakta, teori, konsep) yang berasal dari berbagai bidang keahlian untuk menanggapi masalah-masalah sosial, khususnya masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia.

Adapun yang menjadi sasaran perhatian adalah antara lain :

  1. Berbagai kenyataan yang bersama-sama merupakan masalah sosial yang dapat ditanggapi dengan pendekatan sendiri maupun sebagai pendekatan gabungan (antar bidang).
  2. Adanya keanekaragaman golongan dan kesatuan sosial laindalam masyarakat, yang masing-masing mempunyai kepentingan kebutuhan serta pola-pola pemikiran dan pola-pola tingkah laku sendiri, tapi juga amat banyak persamaan kepentingan kebutuhabn serta persamaan dalam pola-pola pemikiran dan pola-pola tingkah laku yang menyebabkan adanya pertentangan-pertentnagan maupun hubungan setia kawan dan kerja sama dalam masyarakat kita.
Untuk mengetahui bahwa ilmu budaya dasar termasuk kelompok pengetahuan budaya lebih dahulu perlu diketahui pengelompokan ilmu pengetahuan.

Prof Dr.Harsya Bactiar mengemukakan bahwa ilmu dan pengetahuan dikelompokkan dalam tiga kelompok besar yaitu :

  1. Ilmu-ilmu Alamiah ( natural scince ). Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah. Caranya ialah dengan menentukan hokum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu kualitas. Hasil analisis ini kemudian digeneralisasikan. Atas dasar ini lalu dibuat prediksi.
  2. Ilmu-ilmu sosial ( social scince ) . ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah. Tapi hasil penelitiannya tidak 100 5 benar, hanya mendekati kebenaran. Sebabnya ialah keteraturan dalam hubungan antara manusia initidak dapat berubah dari saat ke saat.
  3. Pengetahuan budaya ( the humanities ) bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti.
Kehidupan manusia sebagai mahluk sosial selalu dihadapkan kepada masalah sosial yang tidak dapat dipisahkan dalah kehudupan. Masalah sosial ini timbul sebagai akibat dari hubungannya dengan sesame manusia lainnya dan akibat tingkah lakunya.masalah sosial ini idaklah sama antara masyarakat yang satu dengan masyarakat lainnya karena adanya perbedaan dalam tingkat perkembangan kebudayaannya, serta sifat kependudukannya, dan keadaan lingkungan alamnya.

Yang membedakan masalah sosial dengan masalah lainnya adalah bahwa masalah sosial selalu ada kaitannya yang dekat denan nailai-nilai moral dan pranata-pranata sosial, serta ada kaitannya dengan hubungan-hubungan manusia itu terwujud.

Pengertian masalah sosial memiliki dua pendefinisian: pertama pendefinisian menurut umum, kedua menurut para ahli. Menurut umum atau warga masyarakat, segala sesuatu yang menyangkut kepentingan umum adalah masalah sosial.

Menurut para ahli, masalah sosial adalah suatu kondisi atau perkembangan yang terwujud dalam masyarakat yang berdasarkan atas studi, mempunyai sifat yang dapat menimbulkan kekecauan terhadap kehidupan warga masyarakat secara keseluruhan.

Tujuan Ilmu Budaya Dasar :
  1. Mengusahakan kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya, sehingga mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, terutama untuk kepentingan profesi mereka.
  2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemansiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut.
  3. Mengusahakan agar mahasiswa, sebagai calon pemimpin bangsa dan Negara serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing tidak jatuh ke dalam sifat-sifat kedaerahan dan pengkotakan disiplin yang ketat.
  4. Menguasahakan wahana komunikasi para akademisi agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain. Dengan memiliki satu bekal yang sama, para akademisi diharapkan akan lebih lancar dalam berkomunikasi.
Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar :
  1. Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the humanities), baik dari segi masing-masing keahlian (disiplin) didalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.
  2. Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.
Menilik kedua pokok masalah yang bisa dikaji dalam mata kuliah IBD, nampak dengan jelas bahwa manusia menempati posisi sentral dalam pengkajian. Manusia tidak hanya sebagai obyek pengkajian. Bagaimana hubungan manusia dengan alam, dengan sesama, dirinya sendiri, nilai-nilai manusia dan bagaimana pula hubungan dengan sang pencipta menjadi tema sentral dalam IBD.

Pokok-pokok bahasan yang dikembangkan adalah :
  1. Manusia dan cinta kasih
  2. Manusia dan Keindahan
  3. Manusia dan Penderitaan
  4. Manusia dan Keadilan
  5. Manusia dan Pandangan hidup
  6. Manusia dan tanggungjawab serta pengabdian
  7. Manusia dan kegelisahan
  8. Manusia dan harapan
Ilmu Budaya Dasar berkaitan pula dengan Pengetahuan Tentang Perilaku Dasar-Dasar Dari Manusia.

Unsur-unsur kebudayaan yaitu :
  1. Sistem Religi/ Kepercayaan
  2. Sistem organisasi kemasyarakatan
  3. Ilmu Pengetahuan
  4. Bahasa dan kesenian
  5. Mata pencaharian hidup
  6. Peralatan dan teknologi


Sumber : http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2012/03/artikel-ilmu-sosial-dan-budaya-dasar/

Posting Terkait

139 comments:

Obat Tradisional said...

manatap

Cara Alami Mengobati darah Tinggi said...

makasi0h agn

Pengobatan Ginjal Secara alami said...

artikel ilmu yg sangat bermanfaat

Cara Alami Mengobati Diabetes Melitus said...

ilmu alamiah harus di kembangkan gan

Cara Alami Mengobati Kanker Prostat said...

masalah sosial adalah suatu kondisi atau perkembangan yang terwujud dalam masyarakat yang berdasarkan atas studi

Pengobatan Asam uRat secara alami said...

salam kenal gan

Printing Brisbane said...

Nice post. I look forward to seeing more of these in the future.

Jelly Gamat said...

sangat bermanfaat .

Obat Tradisional Darah Tinggi said...

rajin bgtt membaca sejarah ,,

Cara Mengobati Kanker Kelenjar Getah Bening said...

menambah wawsan baru sobat ,,

Obat Tradisional Keputihan said...

terimakasih masbro atas infonya .


jgn lupa mampir

Obat Tradisional Epilepsi said...

terimakasih infonya ,, walaupun ckup panjang crtanya . tapi syaya pasti mmbacanya kok

Obat Tradisional Kista said...

jangan lupa mampir balik ya !!!!!

Obat Tradisional Sinusitis said...

kami slalu siap untuk melayani anda

obat herbal gagal ginjal said...

sip ah....

Obat Tradisional Mioma said...

Haloo

met siang :)

Obat Tradisional Epilepsi said...

makasih atas infonya

Obat Tradisional maag said...

bagus bgtt atas infonya

Obat Tradisional Lupus said...

salam hangat slalu

Obat Jerawat Tradisional said...

Hallo apa kabar ?

Obat Tradisional Kolesterol Tinggi said...

Ikut gabung sini ya

Obat Tradisional Tumor Rahang said...

bagus banget infonya gan

Obat Tradisional Demam Berdarah said...

salam kenal dan salam hangat selalu

Obat Tradisional Hepatitis C said...

sukses slalu

Pengobatan Alami Hiv Aids said...

salam kenal gan ,,

Cara Mengobati Ginjal Secara Alami said...

selamat sore gan ?

obat herbal kanker hati said...

postingannya sangat menarik......

obat herbal kanker payudara said...

lanjutkan!!!!!!!!

obat herbal kanker usus said...

ikut nimbrung ya......

obat herbal insomnia said...

infonya sangat bagus......

obat herbal diabetes mellitus said...

orang bijak adalah orang yang menghargai sejarah

Obat Tradisional Demam Berdarah said...

wah bagus banget nih infonya

Agen Xamthone Plus Sidikalang said...

menarik juga untuk di simak

Obat Tradisional Hepatitis C said...

semangat

Agen Xamthone Plus Stabat said...

sukses slalu

obat herbal sakit kepala said...

artikelnya bagus banget.......

obat herbal kanker hati said...

.bermanfaat banget........makasih ya

obat herbal kanker payudara said...

sukses selalu ya.....

Cara Mengobati Tipes said...


wah bagus banget nih infonya

Obat Alami Gondok/Gondongan said...

menarik juga untuk di simak

Cara Mengobati Mioma said...


lanjutkan terus ya sobat

Obat Alami Asma said...

semangat

Pengobatan Alami Kanker Kelenjar Getah Bening said...

minalaidzin gan ,,

yuli040108 said...


Infonya cukup bermanfaat banget gan

Pengobatan Alami Ambeien said...

good post ,,

yuli040108 said...

Makasih ya atas info-infonya

yuli040108 said...

Semoga sukses selalu

Pengobatan Alami Wasir said...

di tunggu update terbaru nya lagi ..

yuli040108 said...

Jangan Lupa mampir balik ya

Pengobatan Alami Radang Paru-Paru said...

mantapp info nya gan ,,

Pengobatan Alami Kanker Payudara said...

artikel nya menarik dan asik ,, lanjutkan gan ,,

Pengobatan Alami Penyakit Jantung said...

blogwolkng,salam kenal ya gan..

Pengobatan Tradisional Osteoporosis said...

salam sejahtera........

Pengobatan Tradisional Jantung Koroner said...

sukses buat kamu..........

Pengobatan Tradisinal Ambeien said...

teruskan post nya.........

Obat Tradisional Radang Telinga said...

mantab banget nih blog nya

Obat Tradisional Tumor Rahang said...

semuanya sangat bermakna

Obat Tradisional Leukemia said...

lumyan deh jadi nambah nambah pengetahuan

Obat Tradisional Demam Berdarah said...

makasih ya , goog luck !!

Pengobatan Alami kanker Serviks said...

Izin bljr om, laporan nyusul..

Pengobatan Alami Sifilis said...

wah nice info sob, thanks banget yh !!

obat penyakit diare said...

makasih buat infonya..

obat penyakit kanker hati said...

sukses selalu,,

obat penyakit kanker otak said...

jangan lupa mampir balik ya

obat penyakit kanker prostat said...

makasih infonya bermanfaat sekali

obat penyakit kanker usus said...

semoga sukses selalu

obat penyakit stroke said...

ikut gabung sini ya gan

obat penyakit wasir said...

lanjutkan..

pengobatan tradisional keputihan said...

makasih buat informasinya

obat penyakit asma said...

artikelnya bagus,,

obat penyakit gagal ginjal said...

mampir balik ya

obat penyakit insomnia said...

sukses terus ya

obat penyakit jantung bocor said...

ditunggu post selanjutnya ya..

obat penyakit kanker darah said...

salam sehat

obat penyakit kanker kelenjar getah bening said...

thank's infonya..

obat penyakit kanker payudara said...

sukses selalu

obat penyakit nyeri haid said...

artikelnya oke gan

obat penyakit tbc said...

info nya oke gan,
lanjutkan!!!

yuli040108 said...

mantab banget nih blog nya

yuli040108 said...

semuanya sangat bermakna

Obat Alami said...

lumyan deh jadi nambah nambah pengetahuan

Zenal Ambarawa said...

wah info nya ok mas brooo

Zenal Ambarawa said...

info yang membangun ,,

Zenal Ambarawa said...

Come join here

Zumha Hanafi said...

oke sob,ane coba infonya dulu...goodluck

Zumha Hanafi said...

Makasih Atas Postingannya sangat berguna banget bagi saya..
moga" blognya bisa makin berkmbang dan postingannya makin banyak

Suhadma said...

makasih cing infonya, manfaat banget nih, salam kenal yah, ku tunggu nih kunjungan baliknya

Suhadma said...

so nice this content

zul said...

Hallo sobat ? ikut gabung sini lagi ya

yuli said...

Makin mantab aja ni sob informasinya

zul said...


Mudah- mudahan semakin mantab lagi ya

yuli said...

Salam kenal dan sukses slalu

obat penyakit infeksi saluran kemih said...

makasih infonya

obat penyakit keputihan said...

semoga sukses selalu

obat penyakit asam urat said...

jangan lupa mampir balik ya

obat penyakit ambeien said...

infonya bermanfaat sekali gan,
makasih..

zul said...


Hallo sobat ? ikut gabung sini lagi ya

zul said...

Makin mantab aja ni sob informasinya

Obat Penyakit Osteoporosis said...

makasih infonya

Obat Penyakit Komplikasi said...

semoga sukses selalu

Obat Penyakit Alzheimer said...

jangan lupa mampir balik ya

Obat Penyakit Glaukoma said...

infonya sangat bermanfaat sekali

obat tradisional ginjal said...

salam kenal ajach buat yang baca

obat tradisional kanker / tumor otak said...

saya ikut numpang buat nambah backlink di sini ya

obat tradisional keputihan said...

artikel yang menarik banget, semoga bermanfaat ya

obat tradisional darah tinggi said...

mantap gan, thanks ya udah berbagi pengetahuan

Cara Alami Mengobati Luka Bakar said...

makasih infonya

Obat Penyakit Komplikasi said...

semoga sukses selalu

Obat Penyakit Hepatitis C said...

jangan lupa mampir balik ya gan

Obat Penyakit Radang Paru-Paru said...

infonya sangat bermanfaat sekali

Obat Penyakit Hepatitis b said...

salam kenal dan sukses selalu,,

akbar said...

hallo

akbar said...

salam kenal

leo said...

bagus banget infonya gan

akbar said...

bagus banget infonya




maksih gan

idzul said...

bermanfaat banget infonya bagi saya


makasih gan

zul said...

Halllo, numpang untuk nambah backlink di sini ya !!

Setelah saya menyimak ternyata info-infonya sangat bermanfaat bagi saya untuk menambah pengetahuan saya

Thanks



Obat Penyakit Alzheimer said...

hallo gan

Obat Penyakit Darah Tinggi said...


ikut gabung di sini ya

Obat Penyakit Jantung Koroner said...


infonya cukup bermanfaat banget bagi saya

Obat Penyakit Kanker Usus said...

terimakasih ya atas info nya

Obat Penyakit Kanker Paru Paru said...

salam kenal

obat herbal ginjal said...

trimakasih info

obat herbal kanker tumor otak said...

salam kenal ajach ya

obat herbal keputihan said...

semoga sukses ajach ya gan

obat herbal darah tinggi said...

thanks for information

obat penyakit keputihan said...

makasih ya atas informasinya, semoga bermanfaat

obat penyakit liver said...

arigatou gozaimasu

obat penyakit usus buntu said...

ohayou gozaimasu

obat penyakit sifilis said...

good luck ya gan

Obat Herbal Penyakit Sifilis said...


Mampir juga di web kami ya

Obat Herbal Penyakit Migren said...

Salam hangat

Obat Tradisional Sinusitis said...

maslah dalam masyarakat memang beragam ,dan pengkajian tentang masyarakat tidak akan ada hentinya

Obat Tradisional Kanker Payudara said...

ilmu budaya dasar ini cakupannya cukup luas juga ya ?

Pengobatan Luka Bakar said...

ilmu sosial dan budaya memang harus seimbang...

Cara Mengobati Kencing Manis said...

mana yang lebih penting sih ilmu sosial dan budaya dasar ?

Cara Mengobati Demam Berdarah said...

yang harus di prioritaskan yang mana ?

Seputar Bola Terkini said...

budaya dan sosial harus kitya terapkan dalam kehidupan kita

PAk JUSTAN DI BATANG said...

Hari ini saya ingin mengunkapkan tentang perjalanan hidup saya,karna masalah ekonomi saya selalu dililit hutang bahkan perusahaan yang dulunya saya pernah bagun kini semuanya akan disitah oleh pihak bank,saya sudah berusaha kesana kemari untuk mencari uang agar perusahaan saya tidak jadi disitah oleh pihak bank dan akhirnya saya nekat untuk mendatangi paranormal yang terkenal bahkan saya pernah mengikuti penggandaan uang dimaskanjeng dan itupun juga tidak ada hasil yang memuaskan dan saya hampir putus asa,,akhirnya ketidak segajaan saya mendengar cerita orang orang bahwa ada paranormal yang terkenal bisa mengeluarkan uang ghaib atau sejenisnya pesugihan putih yang namanya Mbah Rawa Gumpala,,,akhirnya saya mencoba menhubungi beliau dan alhamdulillah dengan senan hati beliau mau membantu saya untuk mengeluarkan pesugihan uang ghaibnya sebesar 10 M saya sangat bersyukur dan berterimakasih banyak kepada Mbah Rawa Gumpala berkat bantuannya semua masalah saya bisa teratasi dan semua hutang2 saya juga sudah pada lunas semua,,bagi anda yang ingin seperti saya dan ingin dibabtu sama Mbah silahkan hubungi 085 316 106 111 saya sengaja menulis pesan ini dan mempostin di semua tempat agar anda semua tau kalau ada paranormal yang bisah dipercaya dan bisa diandalkan,bagi teman teman yang menemukan situs ini tolong disebar luaskan agar orang orang juga bisa tau klau ada dukun sakti yg bisa membantuh mengatasi semua masalah anda1.untuk lebih lengkapnya buka saja blok Mbah karna didalam bloknya semuanya sudah dijelaskan PESUGIHAN PUTIH TANPA TUMBAL

Post a Comment

Mikail Alfith Amarullah

↑ Grab this Headline Animator

IKLAN

  © Blogger Tamplates

Back to TOP