Saturday, 14 April 2012

Perkembangan Pikiran Manusia
A. Sifat Unik Manusia
Dibandingkan dengan makhluk lain, jasmani manusia adalah lemah, sedangkan rohani, akal budi, dan kemauannya sangat kuat. Manusia tidak mempunyai tanduk, taji, ataupun sengat, maka untuk membela diri terhadap serangan dari makhluk lain dan untuk melindungi diri terhadap pengaruh lingkungan yang merugikan, manusia harus memanfaatkan akal budinya yang cemerlang. Kemauannya yang keras menyebabkan manusia dapat mengendalikan jasmaninya.

B. Rasa Ingin Tahu
Dengan pertolongan akal budinya, manusia menemukan berbagai cara untuk melindungi diri terhadap pengaruh lingkungan yang merugikan. Tetapi adanya akal budi itu juga menimbulkan rasa ingin tahu yang selalu berkembang. Dengan kata lain, rasa ingin tahu itu tidak pernah dapat dipuaskan. Akal budi manusia tidak pernah puas dengan pengetahuan yang telah dimilikinya. Rasa ingin tahu mendorong manusia untuk melakukan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mencari jawaban atas berbagai persoalan yang muncul di dalam pikirannya.

Kegiatan untuk mencari pemecahan dapat berupa:

  1.  Penyelidikan langsung.
  2. Penggalian hasil-hasil penyelidikan yang sudah pernah diperoleh orang lain.
  3. Kerjasama dengan penyelidik-penyelidik lain yang juga sedang memecahkan soal yang sama atau yang sejenis.
 Sebenarnya setiap orang mempunyai rasa ingin tahu, meskipun kekuatan atau intensitasnya tidak semua sama, sedangkan bidang minatnyapun berbeda-beda. Rasa ingin tahu inilah yang dapat diperkuat ataupun diperlemah oleh lingkungan.

Jadi rasa ingin tahu tiap manusia pada setiap saat belum tentu sama kuat, demikian pula kelompok fenomena yang menimbulkan rasa ingin tahu biasanya berbeda-beda dan dapat berubah-ubah menurut keadaan. Tidak mungkin setiap individu mempunyai rasa ingin tahu yang sama kuat terhadap segala fenomena yang terjadi dari alam.

C. Rasa Ingin Tahu Menyebabkan Alam Pikiran Manusia Berkembang
Ada dua macam perkembangan yang akan kita tinjau, yaitu:
  1. Perkembangan alam pikiran manusia sejak zaman purba hingga dewasa ini.
  2. Perkembangan alam pikiran manusia sejak dilahirkan sampai akhir hayatnya.
Perkembangan alam pikiran dapat juga disebabkan oleh rangsangan dari luar, tanpa dorongan dari dalam yang berupa rasa ingin tahu. Jadi dengan kata lain, bahwa alam pikiran manusia berkembang terutama karena ada dorongan dari dalam, yaitu rasa ingin tahu.


Mitos, Penalaran, dan Pengetahuan Pangkal Kelahiran Ilmu Pengetahuan Alam

A. Mitos
Menurut A. Comte, bahwa dalam sejarah perkembangan manusia itu ada tiga tahap, yaitu:
  1. Tahap teologi atau tahap metafisika
  2. Tahap filsafat
  3. Tahap positif atau tahap ilmu

Dalam tahap teologi atau tahap metafisika, manusia menyusun mitos atau dongeng untuk mengenal realita atau kenyataan, yaitu pengetahuan yang tidak obyektif, melainkan subyektif. Mitos ini diciptakan untuk memuaskan rasa ingin tahu manusia. Dalam alam pikiran, mitos, rasio atau penalaran belum terbentuk, yang bekerja hanya daya khayal, intuisi, maupun imajinasi.

Berikut ini akan dijelaskan contoh-contoh mengenai mitos, yaitu:
  1. Gunung api meletus hebat, menimbulkan gempa bumi, mengeluarkan lahar panas dan awan panas, sehingga menimbulkan banyak korban manusia. Manusia pada tahap teologi (menurut A. Comte) atau pada tahap mitos (C.A. van Peursen) belum dapat melihat realita ini dengan inderanya.
  2. Gempa bumi diduga terjadi karena Atlas (raksasa yang memikul bumi pada bahunya) memindahkan bumi dari bahu yang satu ke bahu yang lain.
  3. Gerhana bulan disangka terjadi karena bulan dimakan raksasa.
  4. Bunyi guntur dikira ditimbulkan oleh roda kereta yang dikendarai dewa melintasi langit.
Mencari jawaban atas masalah seperti itu, dan menghubungkannya dengan makhluk-makhluk gaib, disebut berpikir secara irasional. Demikianlah manusia pada tahap mitos atau teologi menjawab keingintahuannya dengan menciptakan dongeng-dongeng atau mitos, karena alam pikirannya masih terbatas pada imajinasi atau intuisi.

B. Penalaran Deduktif (rasionalisme)
Dengan bertambah majunya alam pikiran manusia dan makin berkembangnya cara-cara penyelidikan, manusia dapat menjawab banyak pertanyaan tanpa mengarang mitos.

Menurut A. Comte, dalam perkembangan manusia sesudah tahap mitos, manusia berkembang dalam tahap filsafat. Pada tahap filsafat, rasio sudah terbentuk, tetapi belum ditemukan metode berpikir secara obyektif. Rasio sudah mulai dioperasikan, tetapi kurang obyektif. Berbeda dengan pada tahap teologi, pada tahap filsafat ini manusia mencoba mempergunakan rasionya untuk memahami obyek secara dangkal, tetapi obyek belum dimasuki secara metodologis yang definitif.

Perkembangan alam pikiran manusia merupakan suatu proses, maka manusia tidak puas dengan pemikiran ini, sehingga berkembang ke dalam tahap positif atau tahap ilmu. Dalam tahap positif atau tahap ilmu ini, rasio sudah dioperasikan secara obyektif. Manusia menghadapi obyek dengan rasio.

Dalam menghadapi peristiwa-peristiwa alam, misalnya gunung api meletus yang menimbulkan banyak korban dan kerusakan, manusia tidak lagi mengadakan selamatan dengan tari-tarian dan nyanyian, tetapi akan mengamati peristiwa itu, mempelajari mengapa gunung api itu dapat meletus, kemudian berusaha mencari penyelesaian dengan tindakan-tindakan yang sesuai dengan hasil pengamatannya. Misalnya, dengan mencegah terjadinya letusan yang hebat. Untuk mengurangi banyaknya korban, penduduk di sekeliling gunung api tersebut dipindahkan ke daerah lain. Inilah bukti bahwa manusia lama-kelamaan tidak puas dengan mitos sebagai pemikiran yang irasional, kemudian mencari jawaban yang rasional.

C. Penalaran Induktif (empirisme)
Pengetahuan yang diperoleh berdasarkan penalaran deduktif ternyata mempunyai kelemahan, maka muncullah pandangan lain yang berdasarkan pengalaman konkret. Mereka yang mengembangkan pengetahuan berdasarkan pengalaman konkret disebut penganut empirisme. Paham empirisme menganggap bahwa pengetahuan yang benar ialah pengetahuan yang diperoleh langsung dari pengalaman konkret. Penganut empirisme menyusun pengetahuan dengan menggunakan penalaran induktif. Penalaran induktif adalah cara berpikir dengan menarik kesimpulan umum dari pengamatan, atas gejala-gejala yang bersifat khusus. Misalnya, pada pengamatan atas logam besi, tembaga, aluminium, dan sebagainya, jika dipanasi ternyata menunjukkan bertambah panjang.

D. Pendekatan Ilmiah sebagai Kelahiran Ilmu Pengetahuan Alam
Metode keilmuan atau pendekatan ilmiah adalah perpaduan antara rasionalisme dan empirisme. Pengetahuan yang disusun dengan cara pendekatan ilmiah atau menggunakan metode keilmuan, diperoleh melalui kegiatan penelitian ilmiah. Penelitian ilmiah ini dilaksanakan secara sistematik dan terkontrol berdasarkan atas data-data empiris. Kesimpulan dari penelitian ini dapat menghasilkan suatu teori. Metode keilmuan itu bersifat obyektif, bebas dari keyakinan, perasaan dan prasangka pribadi, serta bersifat terbuka.

Metode Ilmiah sebagai Ciri Ilmu Pengetahuan Alam
Berpikir secara rasional dan berpikir secara empiris membentuk dua kutub yang saling bertentangan. Kedua belah pihak, masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Gabungan antara dua pendekatan rasional dan pendekatan empiris dinamakan metode ilmiah. Rasionalisme memberi kerangka pemikiran yang koheren dan logis, sedangkan empirisme dalam memastikan kebenarannya memberikan kerangka pengujiannya. Dengan demikian, maka pengetahuan yang dihasilkan yaitu pengetahuan yang konsisten dan sistematis serta dapat diandalkan, karena telah diuji secara empiris.

Metode ilmiah merupakan cara dalam memperoleh pengetahuan secara ilmiah. Dan dapat juga dikatakan bahwa metode ilmiah merupakan gabungan antara rasionalisme dan empirisme. Cara-cara berpikir rasional dan empiris tersebut tercermin dalam langkah-langkah yang terdapat dalam proses kegiatan ilmiah tersebut.

Kerangka dasar, prosedurnya dapat diuraikan atas langkah-langkah seperti berikut:

1. Penemuan atau penentuan masalah
Dalam kehidupan sehari-hari, kita menghadapi berbagai masalah. Kesadaran mengenai masalah yang kita temukan secara empiris tersebut menyebabkan kita mulai memikirkannya secara rasional.

2. Perumusan kerangka masalah
Langkah ini merupakan usaha untuk mendeskripsikan permasalahannya secara lebih jelas.

3. Pengajuan hipotesis
Hipotesis adalah kerangka pemikiran sementara yang menjelaskan hubungan antara unsur-unsur yang membentuk suatu kerangka permasalahan.

4. Deduksi hipotesis
Kadang-kadang, dalam menjembatani permasalahan secara rasional dengan pembuktian secara empiris membutuhkan langkah perantara.

5. Pengujian hipotesis
Langkah ini merupakan usaha untuk mengumpulkan fakta-fakta yang relevan dengan deduksi hipotesis. 6. Keterbatasan dan keunggulan metode ilmiah.

Keterbatasan:
Semua kesimpulan ilmiah atau kebenaran ilmu termasuk Ilmu Pengetahuan Alam bersifat tentatif, yang artinya kesimpulan itu di anggap benar selama belum ada kebenaran ilmu yang dapat menolak kesimpulan itu, sedangkan kesimpulan ilmiah yang dapat menolak kesimpulan ilmiah yang terdahulu, menjadi kebenaran ilmu yang baru. Keterbatasan lain dari metode ilmiah adalah tidak dapat menjangkau untuk membuat kesimpulan yang bersangkutan dengan baik dan buruk atau sistem nilai, tentang seni dan keindahan, dan juga tidak dapat menjangkau untuk menguji adanya Tuhan.

Keunggulan:
Ilmu atau Ilmu Pengetahuan Alam mempunyai ciri khas yaitu obyektif, metodik, sistematik, dan berlaku umum. Dengan sifat-sifat tersebut, maka orang yang berkecimpung atau selalu berhubungan dengan ilmu pengetahuan akan terbimbing sedemikian rupa hingga padanya terkembangkan suatu sikap ilmiah.

Yang dimaksud dengan sikap ilmiah tersebut adalah sikap:
  •  Mencintai kebenaran yang obyektif, dan bersikap adil.
  • Menyadari bahwa kebenaran ilmu tidak absolut.
  • Tidak percaya pada takhayul, astrologi, maupun untung-untungan.
  • Ingin tahu lebih banyak.
  • Tidak berpikir secara prasangka.
  • Tidak percaya begitu saja pada suatu kesimpulan tanpa adanya bukti-bukti yang nyata.
  • Optimis, teliti, dan berani menyatakan kesimpulan yang menurut keyakinan ilmiahnya adalah benar.

Kesimpulan
Segala yang diketahui manusia itu adalah pengetahuan. Pengetahuan itu dapat digolongkan menjadi dua bagian, yaitu pengetahuan ilmiah dan pengetahuan non-ilmiah. Pembagian ini sangat tergantung dari cara bagaimana pengetahuan itu diperoleh.

Pengetahuan non-ilmiah didapat antara lain dari prasangka, coba-coba, intuisi, dan tidak sengaja. Pengetahuan ilmiah didapat dari usaha yang dasar (sengaja) dengan syarat obyektif, metodik, sistematik, dan berlaku umum.

Langkah metode ilmiah itu adalah:
  1.  Perumusan masalah
  2. Penyusunan hipotesis
  3. Pengujian hipotesis
  4. Penarikan kesimpulan

Kelemahan metode ilmiah termasuk Ilmu Pengetahuan Alam adalah bahwa metode ini tidak dapat menjawab atau memperoleh kesimpulan dalam hal-hal yang menyangkut keindahan, sistem penilaian baik dan buruk, serta agama yang berasal dari wahyu ilahi.

Keunggulan metode ilmiah antara lain adalah dapat membuat kita menjadi:
  1. Obyektif dan universal
  2. Menceritakan kebenaran
  3. Tidak percaya kepada takhayul
  4. Mempunyai pikiran yang terbuka
  5. Tidak percaya begitu saja kepada pendapat sebelum ada bukti yang nyata
  6. Bersikap optimis, teliti, dan berani karena benar

Sumber :  http://stitattaqwa.blogspot.com/2012/02/perkembangan-pemikiran-manusia-dalam.html

Posting Terkait

83 comments:

Pengobatan Glaukoma Secara Alami said...

artikel yg menarik

Pengobaatn Insomnia Secara alami said...

salam kenal gan

Pengobatan Diabetes Secara Alami said...

betul gan

Pengobatan Gondok Secara Alami said...

Ilmu Pengetahuan Alam mempunyai ciri khas yaitu obyektif

Monz Blog ♥ said...

artikel yg menarik , jangan lupa mampir ke blog saya : http://monzosd.blogspot.com/

Agen Xamthone Plus Kota Balige said...

Ikut gabung sini ya

Agen Xamthone Plus Dolok Sanggul said...

salam kenal dan salam hangat selalu

Agen Xamthone Plus kota Kisaran said...

sukses slalu

Agen Xamthone Plus Pematang Siantar said...

Hello how are you?

Agen Xamthone Plus Rantau Prapat said...

Come join here

Agen Xamthone Plus Salak said...

its really good the info

Agen Xamthone Plus Sibolga said...

Greetings and best wishes always

Pengobatan Alami Hiv Aids said...

blog yang asik gan ..

Cara Mengobati Ginjal Secara Alami said...

salam kenal dan salam hangat gan ?

pengobatan tradisional keputihan said...

hai salam kenal ya..........

pengobatan tradisional kanker darah said...

salam sukses selalu.........

obat penyakit wasir said...

informasi yang bermanfaat.....

Obat Jerawat Tradisional said...

wah bagus banget nih infonya

Agen Xamthone Plus Sibolga said...

menarik juga untuk di simak

Obat Tradisional Kolesterol Tinggi said...

lanjutkan terus ya sobat

Agen Xamthone Plus Siboronggobong said...

semangat

Obat Tradisional Tumor Rahang said...

sukses slalu

Pengobatan Alami Wasir said...

minalaidzin gan ,,

Pengobatan Alami Radang Paru-Paru said...

good info ,,

Pengobatan Alami Kanker Payudara said...

mantabb gan ,

Obat Tradisional Leukemia said...



Infonya cukup bermanfaat banget gan

Obat Tradisional Psoriasis said...

Makasih ya atas info-infonya

Obat Alami Diare said...

Semoga sukses selalu

Obat Tradisional Parkinson said...

Jangan Lupa mampir balik ya

Pengobatan Alami Kanker Otak said...

Makasih ya atas info-infonya

Pengobatan Alami Kanker Serviks said...

Semoga sukses selalu

Obat Alami Diare said...

mantab banget nih blog nya

Obat Tradisional Parkinson said...

semuanya sangat bermakna

Obat Alami TBC said...

lumyan deh jadi nambah nambah pengetahuan

Obat Tradisional Tekanan Darah Tinggi said...

makasih ya , goog luck !!

Pengobatan Alami Sifilis said...

bermanfaat sekali untuk saya.

Pengobatan Alami Gondok said...

salam sehat

Pengobatan Alami TBC said...

lama ga ke sini, makin keren aja postngan dan tampilannya, salut brada

Pengobatan Alami Rematik said...

thanks a lot! keep writing herefor your readers!

Cara Ampuh Mengobati Hiv Aids said...

blog yang ok , dan membingbing

Cara Ampuh Mengobati Kanker Prostat said...

menarik juga untuk di simak

Pengobatan Alami Asma said...

its really good information

Abdhul Khodir said...

Hi....

Nice blog with a lot of new information,
Thanks for sharing

Abdhul Khodir said...

its really good the info gan

Jaja Sukarja said...

Great Blog..!!!! Keep Blogging....

Jaja Sukarja said...

boleh juga tutorialnya, di save page as dulu ahhh

daday Khoday said...

Nice Info TQ For Sharing

zul said...


Hallo sobat ? ikut gabung sini lagi ya

yuli said...


Makin mantab aja ni sob informasinya

zul said...

Mudah- mudahan semakin mantab lagi ya

yuli said...

Salam kenal dan sukses slalu

obat tradisional ace maxs said...

terimakasih info

cara pemesanan ace maxs said...

salam kenal ajach ya

cara pemesanan jelly gamat luxor said...

makasih y atas informasinya

zul said...


Mudah- mudahan semakin mantab lagi ya

obat herbal liver empedu said...

ohayou gozaimasu

obat herbal alzheimer said...

salam kenal ajach ya

obat tradisional ace maxs said...

thanks for information

cara pemesanan ace maxs said...

makasih ya atas informasinya

obat herbal epilepsi said...

good luck ya

cara pemesanan jelly gamat luxor said...

arigatou gozaimasu

idzul said...

Hallo sobat ? ikut gabung sini lagi ya

idzul said...

saya numpang buat nambah backlink di sini ya

obat tradisional ginjal said...

salam kenal dan sukses selalu,ok

obat tradisional kanker tumor otak said...

hallo,sobat? ikut gabung ya

obat tradisional keputihan said...

keren banget ih informasinya

obat tradisional darah tinggi said...

hai,how are you?

akbar said...

hallo

akbar said...

salam kenal

ika said...

makasih buat infonya

ika said...

oke tuch informasinya

ika said...

kunjungan pertaman ne

akbar said...

bagus banget infonya




maksih gan

idzul said...

bermanfaat banget infonya bagi saya


makasih gan

zul said...

Halllo, numpang untuk nambah backlink di sini ya !!

Setelah saya menyimak ternyata info-infonya sangat bermanfaat bagi saya untuk menambah pengetahuan saya

Thanks



Obat Penyakit Jantung Koroner said...

Mampir juga di web kami ya

Obat Penyakit Leukemia said...

Salam hangat

Obat Penyakit Psoriasis said...

walaupun sudah diberi akal yang baik ,terkadang ada juga manusia yang berprilaku tidak berkprimanusiaan yyang kadang merugikan manusia lainnya,hal ini mungkin didasari karena rasa ketidak puasan untuk memiliki

Obat Penyakit Radang Paru paru said...

metode ilkmiah memang harus lebih diterapkan dalamsetiap pemikiran ,agar bisa pikiran bisa lebihterbuka dan tidak mudah percaya terhadap sesuatiu yang belum jelas buktinya

Dedi Suparman said...

keren banget perkembangannya


Kata Mutiara Kehidupan | Kata Bijak Kehidupan
Kata Mutiara Cinta | Kata Bijak Cinta
Kata Mutiara Persahabatan | Kata Bijak Persahabatan
Kata Mutiara Patah Hati | Kata Bijak Patah Hati
Kumpulan Gambar Sedih Banget
Kumpulan Gambar Bayi Lucu
Kumpulan Gambar Galau
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S5
Gambar DP BBM Nenek Gokil dan Lucu
Cara Mengambil Screenshot di HP Smartphone Android
Cara Mengambil Screenshot di HP Smartphone Samsung Android
Gambar Bunga Sakura Indah
Gambar Gambar Pemandangan Alam Indah
Gambar Kata Kata Galau dan Sedih
Gambar Gambar Lucu dan Gokil
Gambar Gambar Lucu BlackBerry
Gambar DP BBM Bergerak Lucu dan Unik

isman sadega said...

blog yang sangat bagus, dan sangat menarik
thanks

Ultra Betraying said...

thanks for the information and I liked the look of this website blog .....
greetings

PAk JUSTAN DI BATANG said...

Hari ini saya ingin mengunkapkan tentang perjalanan hidup saya,karna masalah ekonomi saya selalu dililit hutang bahkan perusahaan yang dulunya saya pernah bagun kini semuanya akan disitah oleh pihak bank,saya sudah berusaha kesana kemari untuk mencari uang agar perusahaan saya tidak jadi disitah oleh pihak bank dan akhirnya saya nekat untuk mendatangi paranormal yang terkenal bahkan saya pernah mengikuti penggandaan uang dimaskanjeng dan itupun juga tidak ada hasil yang memuaskan dan saya hampir putus asa,,akhirnya ketidak segajaan saya mendengar cerita orang orang bahwa ada paranormal yang terkenal bisa mengeluarkan uang ghaib atau sejenisnya pesugihan putih yang namanya Mbah Rawa Gumpala,,,akhirnya saya mencoba menhubungi beliau dan alhamdulillah dengan senan hati beliau mau membantu saya untuk mengeluarkan pesugihan uang ghaibnya sebesar 10 M saya sangat bersyukur dan berterimakasih banyak kepada Mbah Rawa Gumpala berkat bantuannya semua masalah saya bisa teratasi dan semua hutang2 saya juga sudah pada lunas semua,,bagi anda yang ingin seperti saya dan ingin dibabtu sama Mbah silahkan hubungi 085 316 106 111 saya sengaja menulis pesan ini dan mempostin di semua tempat agar anda semua tau kalau ada paranormal yang bisah dipercaya dan bisa diandalkan,bagi teman teman yang menemukan situs ini tolong disebar luaskan agar orang orang juga bisa tau klau ada dukun sakti yg bisa membantuh mengatasi semua masalah anda1.untuk lebih lengkapnya buka saja blok Mbah karna didalam bloknya semuanya sudah dijelaskan PESUGIHAN PUTIH TANPA TUMBAL

Post a Comment

Mikail Alfith Amarullah

↑ Grab this Headline Animator

IKLAN

  © Blogger Tamplates

Back to TOP