Tuesday, 16 October 2012

KEBUDAYAAN KALIMANTAN TIMUR

Latar Belakang Masalah 
Kalimantan Timur adalah wilayah yang berstatus provinsi di Indonesia. Provinsi ini merupakan salah satu dari empat provinsi di Kalimantan. Kalimantan Timur merupakan provinsi terluas kedua di Indonesia, dengan luas wilayah 245.237,80 km2 atau sekitar satu setengah kali Pulau Jawa dan Madura atau 11% dari total luas wilayah Indonesia. Provinsi ini berbatasan langsung dengan negara tetangga, yaitu Negara Bagian Sabah dan Serawak, Malaysia Timur.


Tujuan Pembahasan Masalah
Adapun tujuan dari penyusunan makalah ini adalah :

1. Mengetahui sejarahnya Kalimantan Timur.
2. Mengetahui bagaimana Provinsi Kalimantan Timur itu terbentuk.
3. Mengetahui pembentukan kota dan kabupaten yang ada di Kaltim.
4. Mengetahui siapa saja yang menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur di Kaltim.
5. Mengeahui kota dan kabupaten yang ada di Kaltim.
6. Mengetahui Kondisi grafis dan sumber daya alam.
7. Mengetahui Perekonomian.
8. Mengetahui Pendidikan.
9. Mengetahui Sosial Kemasyarakatan

  • Suku Bangsa
  • Bahasa Daerah
10. Mengetahui Seni & Budaya
  • Musik
  • Lagu Daerah
  • Seni Suara
  • Seni Berpantun
  • Agama
  • Tarian
  • Penyembuhan Penyakit
  • Tolak Bala/Hajatan/Selamatan
  • Perkawinan
  • Senjata Tradisional
11. Mengetahui upacara adat kematian.
12. Mengetahui Makanan Khas Kalimantan Timur.

Batasan Masalah
Masalah dari pembuatan makalah ini saya sebagai penulis mengambil kebudayaan dan kependudukan Kalimantan Timur.

Pembahasan
Sejarah
Sebelum masuknya suku-suku dari Sarawak dan suku-suku pendatang dari luar pulau, wilayah ini sangat jarang penduduknya. Sebelum kedatangan Belanda terdapat beberapa kerajaan yang berada di Kalimantan Timur, diantaranya adalah Kerajaan Kutai (beragama Hindu), Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura, Kesultanan Pasir dan Kesultanan Bulungan.

Wilayah Kalimantan Timur meliputi Pasir, Kutai, Berau dan juga Karasikan diklaim sebagai wilayah taklukan Maharaja Suryanata, gubernur Majapahit di Negara Dipa (Amuntai) hingga masa Kesultanan Banjar. Sebelum adanya perjanjian Bungaya, Sultan Makassar pernah meminjam tanah untuk tempat berdagang meliputi wilayah timur dan tenggara Kalimantan kepada Sultan Mustain Billah dari Banjar sewaktu Kiai Martasura diutus ke Makassar dan mengadakan perjanjian dengan Sultan Tallo I Mangngadaccinna Daeng I Ba’le’ Sultan Mahmud Karaeng Pattingalloang[7], mangkubumi dan penasehat utama bagi Sultan Muhammad Said, Raja Gowa tahun 1638-1654[8][9] yang akan menjadikan wilayah Kalimantan Timur sebagai tempat berdagang bagi Kesultanan Makassar (Gowa-Tallo)[7] sejak itulah mulai berdatanganlah etnis asal Sulawesi Selatan. Sejak 13 Agustus 1787, Sunan Nata Alam dari Banjar menyerahkan Kalimantan Timur mejadi milik perusahaan VOC Belanda dan Kesultanan Banjar sendiri dengan wilayahnya yang tersisa menjadi daerah protektorat VOC Belanda.

Sesuai traktat 1 Januari 1817, Sultan Sulaiman dari Banjar menyerahkan Kalimantan Timur, Kalimatan Tengah, sebagian Kalimantan Barat dan sebagian Kalimantan Selatan (termasuk Banjarmasin) kepada Hindia-Belanda. Pada tanggal 4 Mei 1826, Sultan Adam al-Watsiq Billah dari Banjar menegaskan kembali penyerahan wilayah Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, sebagian Kalimantan Barat dan sebagian Kalimantan Selatan kepada pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Pada tahun 1846, Belanda mulai menempatkan Asisten Residen di Samarinda untuk wilayah Borneo Timur (sekarang provinsi Kalimantan Timur dan bagian timur Kalimantan Selatan) bernama H. Von Dewall. Kaltim merupakan bagian dari Hindia Belanda. Kaltim 1800-1850. Dalam tahun 1879, Kaltim dan Tawau merupakan Ooster Afdeeling van Borneo bagian dari Residentie Zuider en Oosterafdeeling van Borneo. Dalam tahun 1900, Kaltim merupakan zelfbesturen (wilayah dependensi) Dalam tahun 1902, Kaltim merupakan Afdeeling Koetei en Noord-oost Kust van Borneo. Tahun 1942 Kaltim merupakan Afdeeling Samarinda dan Afdeeling Boeloengan en Beraoe.

Provinsi Kalimantan Timur selain sebagai kesatuan administrasi, juga sebagai kesatuan ekologis dan historis. Kalimantan Timur sebagai wilayah administrasi dibentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 25 Tahun 1956 dengan gubernurnya yang pertama adalah APT Pranoto.
Sebelumnya Kalimantan Timur merupakan salah satu karesidenan dari Provinsi Kalimantan. Sesuai dengan aspirasi rakyat, sejak tahun 1956 wilayahnya dimekarkan menjadi tiga provinsi, yaitu Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Barat.

Pembentukan Provinsi Kalimantan Timur
Daerah-daerah Tingkat II di dalam wilayah Kalimantan Timur, dibentuk berdasarkan Undang-undang No. 27 Tahun 1959, Tentang Pembentukan Daerah Tingkat II di Kalimantan (Lembaran Negara Tahun 1955 No.9).

Lembaran Negara No.72 Tahun 1959 terdiri atas:
  • Pembentukan 2 kotamadya, yaitu:
  1. Kotamadya Samarinda, dengan Kota Samarinda sebagai ibukotanya dan sekaligus sebagai ibukota Provinsi Kalimantan Timur.
  2. Kotamadya Balikpapan, dengan kota Balikpapan sebagai ibukotanya dan merupakan pintu gerbang Kalimantan Timur.
  • Pembentukan 4 kabupaten, yaitu:
  1. Kabupaten Kutai, dengan ibukotanya Tenggarong
  2. Kabupaten Pasir, dengan ibukotanya Tanah Grogot.
  3. Kabupaten Berau, dengan ibukotanya Tanjung Redeb.
  4. Kabupaten Bulungan, dengan ibukotanya Tanjung Selor.

Pembentukan Kota dan Kabupaten Baru
Berdarkan Peraturan Pemerintah Nomor 47 tahun 1981, maka dibentuk Kota Administratif Bontang di wilayah Kabupaten Kutai dan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 20 tahun 1989, maka dibentuk pula Kota Madya Tarakan di wilayah Kabupaten Bulungan. Dalam Perkembangan lebih lanjut sesuai dengan ketentuan di dalam Undang-undang No. 22 Tahun 1999 Tentang Otonomi Daerah, maka dibentuk 2 Kota dan 4 kabupaten, yaitu:
  1. Kabupaten Kutai Barat, beribukota di Sendawar
  2. Kabupaten Kutai Timur, beribukota di Sangatta
  3. Kabupaten Malinau, beribukota di Malinau
  4. Kabupaten Nunukan, beribukota di Nunukan
  5. Kota Tarakan (peningkatan kota administratif Tarakan menjadi kotamadya)
  6. Kota Bontang (peningkatan kota administratif Bontang menjadi kotamadya)
Berdasarkan pada Peraturan Pemerintah nomor 8 tahun 2002, maka Kabupaten Pasir mengalami pemekaran dan pemekarannya bernama Kabupaten Penajam Paser Utara.

Pada tanggal 17 Juli 2007, DPR RI sepakat menyetujui berdirinya Tana Tidung sebagai kabupaten baru di Kalimantan Timur, maka jumlah keseluruhan kabupaten/kota di Kalimantan Timur menjadi 14 wilayah. Pada tahun yang sama, nama Kabupaten Pasir berubah menjadi Kabupaten Paser berdasarkan PP No. 49 Tahun 2007.


DAFTAR GUBERNUR KALIMANTAN TIMUR



DAFTAR WAKIL GUBERNUR KALIMANTAN TIMUR



Saat ini Gubernur dijabat oleh Awang Faroek Ishak. Ia mencalonkan diri sebagai menjadi Gubernur Kalimantan Timur pada tahun 2008 dan akhirnya terpilih pada putaran kedua dan dilantik pada 17 Desember 2008.

Kabupaten dan Kota
Wilayah Provinsi Kalimantan Timur dibagi menjadi 10 kabupaten dan 4 kota, yaitu:



Kondisi Geografis dan Sumber Daya Alam
Kalimantan Timur merupakan provinsi terluas di Indonesia dengan luas wilayah kurang lebih 245.237,80 km² atau sekitar satu setengah kali Pulau Jawa dan Madura atau 11% dari total luas wilayah Indonesia. Provinsi ini berbatasan langsung dengan negara tetangga, yaitu Negara Bagian Sabah dan Serawak, Malaysia Timur.

Keanekaragaman Hayati
Kalimantan Timur memiliki kekayaan flora dan fauna. Di Kalimantan Timur kira-kira tumbuh sekitar 1000-189.000 jenis tumbuhan, antara lain anggrek hitam yang harga per bunganya dapat mencapai Rp, 100.000,- hingga Rp, 500.000,-

Sumber Daya Alam

Masalah sumber daya alam di sini terutama adalah penebangan hutan ilegal yang memusnahkan hutan hujan, selain itu Taman Nasional Kutai yang berada di Kabupaten Kutai Timur ini juga dirambah hutannya. Kurang dari setengah hutan hujan yang masih tersisa, seperti Taman Nasional Kayan Mentarang di bagian utara provinsi ini. Pemerintah lokal masih berusaha untuk menghentikan kebiasaan yang merusak ini.

Perekonomian
Hasil utama provinsi ini adalah hasil tambang seperti minyak, gas alam dan batu bara. Sektor lain yang kini sedang berkembang adalah agrikultur, pariwisata dan industri pengolahan.
Beberapa daerah seperti Balikpapan dan Bontang mulai mengembangkan kawasan industri berbagai bidang demi mempercepat pertumbuhan perekonomian. Sementara kabupaten-kabupaten di Kaltim kini mulai membuka wilayahnya untuk dibuat perkebunan seperti kelapa sawit dan lain-lain.
Kalimantan Timur memiliki beberapa tujuan pariwisata yang menarik seperti kepulauan Derawan di Berau, Taman Nasional Kayan Mentarang dan Pantai Batu Lamampu di Nunukan, peternakan buaya di Balikpapan, peternakan rusa di Penajam, Kampung Dayak Pampang di Samarinda, Pantai Amal di Kota Tarakan, Pulau Kumala di Tenggarong dan lain-lain. Tapi ada kendala dalam menuju tempat-tempat di atas, yaitu transportasi. Banyak bagian di provinsi ini masih tidak memiliki jalan aspal, jadi banyak orang berpergian dengan perahu dan pesawat terbang dan tak heran jika di Kalimantan Timur memiliki banyak bandara perintis. Selain itu, akan ada rencana pembuatan Highway Balikpapan-Samarinda-Bontang-Sangata demi memperlancar perekonomian.

Pendidikan
Kalimantan Timur menyediakan sarana pendidikan dari taman kanak-kanak sampai perguruan tinggi. Kualitas dari pendidikan pun juga sangat bervariasi dari gedung ber-AC sampai yang sederhana.
Kalimantan Timur juga menjadi lokasi berbagai universitas terkemuka, antara lain :
STT Migas
Universitas Balikpapan
Universitas Borneo Tarakan
Universitas Mulawarman
STMIK Balikpapan
Politeknik Negeri Balikpapan

Sosial Kemasyarakatan
Suku Bangsa
Kalimantan Timur memiliki beberapa macam suku bangsa. selama ini yang dikenal oleh masyarakat luas, padahal selain dayak ada 1 suku yang juga memegang peranan penting di Kaltim yaitu suku Kutai. Suku Kutai merupakan suku melayu asli Kalimantan Timur, yang awalnya mendiami wilayah pesisir Kalimantan Timur. Lalu dalam perkembangannya berdiri dua kerajaan Kutai, kerajaan Kutai Martadipura yang berdiri lebih dulu dengan rajanya Mulawarman, lalu berdiri pula belakangan kerajaan Kutai Kartanegara yang kemudian menaklukan Kerajaan Kutai Martadipura, dan lalu berubah nama menjadi kerajaan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.
Di Kalimantan Timur terdapat juga banyak suku suku pendatang dari luar, seperti Banjar, Bugis, Jawa dan Makassar. Bahasa Banjar,Jawa dan Bahasa Bugis adalah dua dari banyak bahasa daerah yang digunakan oleh masyarakat Kalimantan Timur. Suku Banjar dan Bugis banyak mendiami Kalimantan, Samarinda, Sangatta dan Bontang. Sedangkan suku Jawa banyak mendiami Samarinda dan Balikpapan.

Bahasa Daerah
Bahasa-bahasa daerah di Kalimantan Timur merupakan bahasa Austronesia dari rumpun Malayo-Polynesia, diantaranya adalah Bahasa Tidung,Bahasa Banjar, Bahasa Berau dan Bahasa Kutai. Bahasa lainnya adalah Bahasa Lundayeh.

Seni dan Budaya
Musik
  1. Tingkilan (suku Kutai) 
  2. Musik Sempek/Kejien (suku Dayak Wehea)

Lagu Daerah
  1. Burung Enggang (bahasa Kutai)
  2. Meharit (Bahasa Kutai)
  3. Sabar'ai-sabar'ai (Bahasa Banjar)
  4. Anjat Manik (Bahasa Berau Benua)
  5. Bebilin (Bahasa Tidung)
  6. Andang Sigurandang (Bahasa Tidung)
  7. Bedone (Bahasa Dayak Benuaq)
  8. Ayen Sae (Bahasa Dayak)
  9. Sorangan (Bahasa Banjar)
  10. Lamin Talunsur (Bahasa Kutai)
  11. Buah Bolok (Bahasa Kutai)
  12. Aku Menyanyi (Bahasa Kutai)
  13. Sungai Kandilo (Bahasa Pasir)
  14. Rambai Manguning (Bahasa Banjar)
  15. Ading Manis (Bahasa Banjar)
  16. Indung-Indung (Bahasa Melayu Berau)
  17. Basar Niat (Bahasa Melayu Berau)
  18. Berampukan (Bahasa Kutai)
  19. Undur Hudang (Bahasa Kutai)
  20. Kada Guna Marista (Bahasa Banjar)
  21. Tajong Samarinda (Bahasa Kutai)
  22. Citra Niaga (Bahasa Kutai)
  23. Taman Anggrek Kersik Luwai
  24. Ne Poq Batangph
  25. Banuangku
  26. Kekayaan Alam Etam (Bahasa Kutai)
  27. Mambari Maras (Bahasa Banjar)
  28. Kambang Goyang (Bahasa Banjar)
  29. Apandang Jakku
  30. Keledung
  31. Ketuyak
  32. Jalung
  33. Antu
  34. Mena Wang Langit
  35. Tung Tit
  36. To Kejaa
  37. Ting Ting Nging
  38. Endut-Endut
  39. Enjung-Enjung
  40. Julun Lajun
  41. Sungai Mahakam
  42. Samarinda Kota Tepian (Bahasa Kutai)
  43. Jagung Tepian
  44. Kandania
  45. Sarang Kupu
  46. Adui Indung
  47. Nasi Bekepor (Bahasa Kutai)
  48. Nasib Awak
  49. Tenau
  50. Luwai
  51. Balarut di Sungai Mahakam (Bahasa Banjar)
  52. Leleng (Bahasa Kenyah)
  53. Merutuh(Bahasa Tonyooi-Benuaq)


Seni Suara
  1. Bedeguuq (Dayak Benuaq)
  2. Berijooq (Dayak Benuaq)
  3. Ninga (Dayak Benuaq)
  4. Enluei (Dayak Wehea)

Seni Berpantun
  1. Perentangin (Dayak Benuaq)
  2. Ngelengot (Dayak Benuaq)
  3. Ngakey (Dayak Benuaq)
  4. Ngeloak (Dayak Benuaq)

Agama
Masyarakat di Kalimantan Timur menganut berbagai agama yang diakui di Indonesia, yaitu:
  1. Buddha
  2. Hindu
  3. Islam
  4. Katolik
  5. Kristen

Tarian
  1. Tarian Bedewa dari suku Tidung (Kabupaten Nunukan)
  2. Tarian Iluk Bebalon dari suku Tidung (Kota Tarakan)
  3. Tarian Besyitan dari suku Tidung (Kabupaten Malinau)
  4. Tarian Kedandiu dari suku Tidung (Kabupaten Bulungan)
  5. Tarian Gantar dari Suku Dayak Benuaq
  6. Tarian Ngeleway dari Suku Dayak Benuaq
  7. Tarian Ngerangkaw dari Suku Dayak Benuaq
  8. Tarian Kencet dari Suku Dayak Kenyah
  9. Tarian Datun dari Suku Dayak Kenyah
  10. Tarian Hudoq dari Suku Dayak Wehea
  11. Tarian Kejien dari Suku Dayak Wehea
  12. Belian
  13. Tarian Jepin Ujang Bentawol Suku Tidung (Kota Tarakan)

Penyembuhan Penyakit
  1. Beliatn Bawo (suku Dayak Benuaq)
  2. Beliatn Sentiyu (suku Dayak Benuaq)
  3. Beliatn Kenyong (Suku Dayak Benuaq)
  4. Beliatn Luangan (suku Dayak Benuaq)
  5. Beliatn Bejamu (suku Dayak Benuaq)

Tolak Bala/Hajatan/Selamatan
  1. Nuak (dari Suku Dayak Benuaq)
  2. Bekelew (suku Dayak Benuaq)
  3. Nalitn Tautn (suku Dayak Benuaq)
  4. Paper Maper (suku Dayak Benuaq)
  5. Besamat (suku Dayak Benuaq)
  6. Pakatn Nyahuq (suku Dayak Benuaq)

Perkawinan
  1. Ngompokng (suku Dayak Benuaq)
  2. Tari Kanjar (suku Kutai)


Senjata Tradisional
Mandau - Manaau
Gayang
Keris Buritkang
Sumpit - Potaatn
Perisai - Keleubet
Tombak - Belokokng

Upacara Adat Kematian
Kwangkey/Kuangkay (suku Dayak Benuaq)
Kenyeuw (suku Dayak Benuaq)
Parepm Api/Tooq (suku Dayak Benuaq)

Makanan Khas Kalimantan Timur


Sumber :
Kalimantan_Timur

Posting Terkait

67 comments:

cara pemesanan jelly gamat luxor said...

makasih infonya

cara pemesanan xamthone plus said...

semoga sukses selalu

jelly gamat luxor said...

jangan lupa mampir balik ya gan

xamthone plus said...

infonya sangat bermanfaat sekali

obat herbal sinusitis said...

ohayou gozaimasu

obat herbal keputihan said...

hai,salam kenal ya

obat herbal luka bedah caesar said...

semoga sukses ya

obat herbal darah tinggi said...

arigatou gozaimasu

obat tradisional darah tinggi said...

selamat siang

cara pemesanan xamthoneplus said...

hai,salam kenal ya gan

tentang manggis said...

semoga sukses selalu ya gan

75 manfaat xamthoneplus said...

jangan lupa mampir balik ya gan

pendapat dokter said...

khasiat kulit buah manggis

xamthoneplus said...

arigatou gozaimasu

idzul said...

Hallo sobat ? ikut gabung sini lagi ya

idzul said...

saya numpang buat nambah backlink di sini ya

obat tradisional kelenjar getah bening said...

hai,apa kabar

obat tradisional insomnia said...

sukses selalu ajach ya gan

obat tradisional ginjal said...

informasinya bermanfaat gan, mantap

obat jelly gamat said...


hallo:)

obat penyakit said...


makasih ya atas infonya , mudah mudahan bermanfaat trus .

obat jelly gamat said...

salam hangat slalu

obat jelly gamat said...

jangan lupa mampir dulu ya , Good luck !!!

Cara Alami Mengobati Luka Bakar said...

semoga sukses selalu

julika said...

hallo,sobat

julika said...

informasinya memang menarik

julika said...

saya ikut nyimak artikelnya... sangat bermanfaat banget

akbar said...

hallo

ucu said...

ikut postingan disini lagi ya

ucu said...

jangan lupa mampir balik lagi ya

ucu said...

hello,selamat siang

akbar said...

salam kenal

leo said...

bagus banget infonya gan

riska said...

sukses ya

riska said...

trimakasih ya untuk infonya

riska said...

semangat ya blogger

akbar said...

bagus banget infonya




maksih gan

idzul said...

bermanfaat banget infonya bagi saya


makasih gan

zul said...

Halllo, numpang untuk nambah backlink di sini ya !!

Setelah saya menyimak ternyata info-infonya sangat bermanfaat bagi saya untuk menambah pengetahuan saya

Thanks



obat herbal said...

Terima kasih banyak gan atas infonya.
lanjutkan trus ya kwan

obat tradisional sifilis said...

trimakasih info gan....

obat tradisional luka diabetes said...

semoga sukses selalu ya. ditunggu info selanjutnya.

obat herbal said...

makasih infonyta

pengobatan kanker payudara said...

sukses selalu,,salam kenal yah

Pengobatan Infeksi Saluran Kemih said...

informasinya bagus,, ditunggu yah untuk info selanjutnya

Obat Penyakit Kanker Usus said...



Beritanya mennarik untuk di simak,

makasih ya gan atas infonya


Obat Herbal Penyakit Liver empedu said...

lanjutkan ,, good luck

Obat Penyakit Alzheimer said...


ikut menyimak di sini ya gan

Obat Penyakit Kanker Usus said...


mantab banget infonya nih

Obat Penyakit Kanker Paru Paru said...

jadi nambah pengetahuan bagi saya gan infonya

Obat Penyakit Kanker Kelenjar Getah Bening said...

thaks,,salam kenal

Obat Herbal Penyakit Usus Buntu said...


Info yang menarik

obat herbal gondok said...

nice post and thanks y gan.

obat herbal penyakit kuning said...

thanks you very much

obat herbal gagal ginjal said...

jangan lupa mampir balik ok!

obat herbal ace maxs said...

ditunggu yah kunjungannya,,,

cara mengobati penyakit kuning said...

salam kenal dari saya

cara mengobati komplikasi said...

makasih buat infonya

cara mengobati usus buntu said...

Hallo sobat ? ikut gabung sini lagi ya

obat tradisional ace maxs said...

hallo....

Cara Mengobati Sinusitis said...

cukup banyak juga ya lagu daerah kalimantan timur

Obat Tradisional Penyakit Kanker Prostat said...

makasih gan buat infonya

cara mengobati tbc said...

ternyata kesenian di provinsi kalimantan timur ini sangat beragam, terutama lagu-lagu daerah yang sangat banyak sekali dan beragam lagu

obat tradisional epilepsi said...

Kalimantan Timur ini memiliki seni dan budaya yang beragam dan kita sebagai warga Indonesia harus mengetahui kesenian dan budaya Indonesia salah satunya budaya di KalTim

Obat Tradisional Leukimia said...

penebangan ilegal dihutan hujan kalimantan timur harus dihentikan ,agar populasi hutan tidak musnah

obat tradisional luka bakar said...

setelah saya baca artikelnya, saya menjadi lebih lengkap akan budaya kalimantan timur

obat tradisional said...

ternyata banyak juga yang pernah menjadi gubernur kalimantan timur

Post a Comment

Mikail Alfith Amarullah

↑ Grab this Headline Animator

IKLAN

  © Blogger Tamplates

Back to TOP