Friday 8 October 2010

Kekuatan Di Balik Semangat

Semangat lebih penting daripada rencana. Semangat menciptakan kobaran api. Semangat menyediakan bahan bakar. Saya tidak pernah ketemu orang yang bersemangat tetapi kurang tenaga. Selama semangat itu ada, tidak masalah jika mereka gagal.

Mazmur 84:2, Semangat jiwaku ialah rumah Tuhan; hati dan tubuhku merindukan Allah yang hidup.

Tidak ada hal yang dapat menggantikan semangat kalau hal tersebut berhubungan dengan memberikan energi bagi talenta Anda. Mari kita lihat, apa yang dapat dilakukan semangat untuk Anda:

1. Semangat Ialah Langkah Pertama Dari PENCAPAIAN

Kolose 3:23 - NIV Apapun yang kau lakukan, kerjakan itu dengan segenap hatimu, seperti kamu lakukan untuk Tuhan, bukan manusia.

Mencintai apa yang Anda lakukan ialah kunci untuk mencapai pencapaian yang besar. Waktu Anda tidak menyukai yang Anda lakukan, hal itu akan kelihatan - tidak peduli seberapa besar usaha Anda untuk menutup-nutupinya. Sulit untuk mendapat pencapaian besar kalau Anda tidak punya keinginan untuk melakukannya. Itulah mengapa kita perlu semangat.

2. Semangat Meningkatkan KEMAUAN

Fil 2:13 karena Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya.

Semangat ialah bahan bakar kemauan. Semangat merubah KEHARUSAN menjadi KERINDUAN. Apa yang kita capai dalam hidup didasarkan pada, bukan apa yang kita mau tetapi pada seberapa banyak kita menginginkan hal tersebut. Seseorang pernah mengatakan bahwa rahasia kemauan ialah kekuatan keinginan.

3. Semangat Menghasilkan ENERGI

Terkadang kita menggolongkan orang dengan "berenergi tinggi" atau "berenergi rendah" berdasarkan seberapa banyak yang mereka lakukan, tapi saya menyimpulkan bahwa lebih sesuai jika saya menyebut mereka bersemangat tinggi atau rendah. Waktu Anda bersemangat, Anda punya banyak energi. Anda tidak perlu menghasilkan ketekunan, ketekunan akan secara alamiah timbul. Semangat membantu Anda untuk menikmati proses pencapaian, bukan hanya saat Anda mencapai tujuan Anda. Tanpa Semangat, keinginan Anda untuk mencapai sesuatu akan menjadi perjalanan yang panjang dan berat.

Kol 1:29 Itulah yang kuusahakan dan kupergumulkan dengan segala tenaga sesuai dengan kuasa-Nya, yang bekerja dengan kuat di dalam aku.

Beberapa orang berkata mereka merasa kecapekan. Yang sebenarnya terjadi mungkin sebenarnya mereka tidak pernah punya semangat sejak saat pertama kali memulai.

4. Semangat Ialah Dasar dari KEUNGGULAN

Semangat dapat mengubahkan seseorang dari yang sedang-sedang saja menjadi unggul. Pemimpin HAM Marthin Luther King Jr. menyampaikan, "Jika seseorang belum menemukan sesuatu yang dia berani mati untuknya, dia tidak layak hidup." Waktu Anda menemukan tujuan hidup Anda, Anda menemukan semangat. Dan waktu Anda menemukan semangat, itu akan memberi energi pada talenta Anda sehingga Anda dapat mencapai keunggulan.

5. Semangat Ialah Kunci SUKSES

Waktu jiwa seseorang terbakar karena sesuatu, kemustahilan lenyap. Mungkin itulah alasan mengapa filsuf dan penggubah puisi Ralph Waldo Emerson menulis, "Setiap pergerakan yang besar dan menyeluruh dalam sejarah dunia adalah hasil dari antusiasme."

Akar kata "antusias" - en-theos = dalam Tuhan. Seorang yang antusias ialah orang yang mendapat inspirasi dari Tuhan - Alkitab adalah theopneustos - dinafasi oleh Tuhan! Waktu orang Kristen mula-mula melihat seseorang diselamatkan, ada sebuah sukacita yang meluap-luap yang mengikuti karunia keselamatan tersebut, tetapi mereka tidak punya kata-kata yang menggambarkan perasaan mereka. Jadi mereka menggabungkan dua kata (dalam Tuhan) menciptakan kata (en-theos) sehingga dari sana kita mendapatkan kata antusias.

SEMANGAT ANDA DAPAT MENGUATKAN ANDA

Semangat dapat memberi kekuatan dalam setiap aspek kehidupan seseorang. Pernahkah Anda mengenal seseorang dengan semangat tinggi yang kekurangan tenaga untuk menggapai apa yang diinginkannya? Saya meragukannya. Seorang yang bersemangat dengan talenta yang terbatas akan mencapai pencapaian yang lebih besar dari seorang yang memiliki bakat lebih besar tetapi pasif. Mengapa? Karena orang yang bersemangat akan selalu antusias dan terus melangkah maju. Benarlah kata pepatah:

"Carilah sesuatu yang sangat kau sukai untuk kau lakukan tanpa dibayar sekalipun, dan jika engkau melakukannya dengan baik, suatu saat seseorang akan dengan senang hati membayarmu untuk melakukannya."

Apa yang membawa seseorang hingga ke puncak? Apa yang membuat mereka mengambil resiko, rela berjalan lebih jauh dan melakukan apapun untuk mencapai tujuan mereka? Itu bukan talenta. Itu adalah semangat. Semangat lebih penting daripada rencana. Semangat menciptakan kobaran api. Semangat menyediakan bahan bakar. Saya tidak pernah ketemu orang yang bersemangat tetapi kurang tenaga. Selama semangat itu ada, tidak masalah jika mereka gagal. Tidak masalah berapa kali mereka terjatuh. Tidak masalah jika orang lain menentang mereka atau berkata mereka tidak akan sukses. Mereka akan terus melangkah. Ada kekuatan dalam semangat!

Posting Terkait

0 comments:

Post a Comment

Mikail Alfith Amarullah

↑ Grab this Headline Animator

IKLAN

  © Blogger Tamplates

Back to TOP