Friday, 8 October 2010

Tinjauan Menyeluruh Proses Bisnis

Nama : Mikail Alfith Amarullah
Kelas : 3 DB 14
NPM : 31108239


a. KEGIATAN BISNIS DAN KEBUTUHAN INFORMASI


  1. The revenue cycle (Siklus Pendapatan) : siklus pendapatan mencakup kegiatan penjualan dan penerimaan dalam bentuk uang tunai
  2. The expenditure cycle (Siklus Pengeluaran) : siklus pengeluaran mencakup kegiatan pembelian dan pembayaran dalam bentuk uang tunai
  3. The human resources/payroll cycle (Sumber Daya Manusia/Siklus Penggajian) : siklus penggajian sumber daya manusia mencakup kegiatan emngontrak dan menggaji pegawai
  4. The production cycle (Siklus Produksi) : siklus produksi mencakup kegiatan mengubah bahan mentah dan buruh menjadi produk jadi
  5. The financing cycle (Siklus Pembiayaan) : siklus keuangan mencakup kegiatan untuk mendapatkan dana dari investor dan kreditor dan membayar mereka kembali



b. PEMROSESAN TRANSAKSI :DOKUMEN & PROSEDUR
  • Setelah data transaksi diperoleh dari dokumen sumber, langkah berikutnya adalah mencatatnya di jurnal
  • Journal entry : dibuat untuk setiap transaksi yang menunjukkan rekening dan jumlah yang harus di debet atau di kredit
  • Jurnal umum akan mencatat transaksi infrequent dan non routine
  • Jurnal tertentu menyederhanakan proses pencatatan transaksi dalam jumlah besar dan berulang
Ada 4 jenis transaksi secara umum :

Credit sales, Cash receipts, Purchases on account dan Cash disbursements


c. MENYEDIAKAN INFORMASI UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN

  • Fungsi kedua SIA adalah menyediakan informasi yang berguna untuk pengambilan keputusan bagi manajemen Informasi yang disediakan SIA terbagi dalam dua kategori yaitu :
  1. Laporan Keuangan
  2. Laporan manajerial
Laporan Keuangan :
  • Menyiapkan neraca saldo, Membuat menyesuaikan entri.
  • Siapkan neraca saldo disesuaikan, Menghasilkan laba rugi perusahaan.
  • Membuat entri penutupan, Menghasilkan neraca.
  • Siapkan laporan arus kas.
Laporan Manajerial :
  • SIA suatu organisasi harus dapat menyediakan informasi operasional terinci tentang kinerja organisasi
  • Terdapat dua jenis laporan manajerial yang penting yaitu :
  1. Budget (laporan anggaran)
  2. performance reports (laporan kinerja)

d. PERTIMBANGAN-PERTIMBANGAN PENGENDALIAN INTERNAL


Fungsi ketiga SIA adalah menyediakan pengendalian internal yang memadai untuk mencapai tiga tujuan dasar berikut :
  1. Memastikan bahwa informasi yang dihasilkan oleh sistem dapat diandalkan
  2. Memastikan bahwa aktivitas bisnis dilaksanakan dengan efisien dan sesuai dengan tujuan manajemen, serta tidak melanggar kebijakan pemerintah yang berlaku
  3. Menjaga aset-aset organisasi, termasuk data

Sumber :http://henmedya.staff.gunadarma.ac.id/

Posting Terkait

0 comments:

Post a Comment

Mikail Alfith Amarullah

↑ Grab this Headline Animator

IKLAN

  © Blogger Tamplates

Back to TOP