Saturday, 14 May 2011

ERD Penjualan Barang Secara Tunai

ERD Penjualan Barang Secara Tunai

















Kini kita dapatkan “M” (many) di kedua sisinya yang berarti derajat kardinalitas relasi tersebut adalah “many to many”. Namaun karena dalam matematika, nilai M akan selalu sama dengan M, sedangkan belum tentu kalimat (jika nilai M di atas = 10), “Sepuluh KASIR akan selalu menJUAL sepuluh BARANG”, maka penulisan M di salah satu sisinya diganti dengan N, tetapi pembacaanya tetap many. Jadi nilai M dan N bisa jadi sama, dan bisa jadi tidak sama (M = N atau M ≠ N).


Berikut penjelasan atribut-atribut yang digunakan dalam bentuk tabel :





















Atribut-atribut ini disesuaikan dengan kebutuhan oleh perancang sistemnya, misalkan KASIR boleh saja memiliki atribut tempat dan tanggal lahir “TT_Lahir”, tetapi karena atribut itu tidak diperlukan maka tidak perlu dibuat/ditulis. Tetapi harus dipatuhi bahwa setiap atribut yang ada di entitas adalah memang merupakan atribut (identitas) dari entitasnya. Jadi jangan masukkan atribut “Nama_brg” di atribu KASIR, karena nama barang bukanlah atribut si KASIR.

Entitas “JUAL” adalah entitas yang merupakan file transaksi, jadi atribut-atribut yang tercantum disan adalah bagian-bagian transaksi yang harus dicatat. Adapun atribut NO_peg dan KD_brg adalah atribut dari entitas lain yang menjadi “jembatan” untuk mengambil atribut-atribut dari master filenya.

Posting Terkait

1 comments:

tulisanpunberceritaaa** said...

kita juga punya nih jurnal mengenai entity relationship diagram
, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/766/1/WabBaseTech_AlexanderSetiawan_1%286%29313_318.pdf semoga bermanfaat yaa :)

Post a Comment

Mikail Alfith Amarullah

↑ Grab this Headline Animator

IKLAN

  © Blogger Tamplates

Back to TOP