Monday 16 May 2011

Mengenal Evan Williams

Evan Williams (lahir 31 Maret 1972 di Nebraska) adalah seorang wirausahawan AS yang telah mendirikan beberapa usaha. Dua di antaranya yang paling terkenal adalah Pyra Labs (pembuat Blogger weblog-authoring software) atau disebut Blogger sebelum dibeli oleh Google dan Twitter.


Awal kehidupan dan pendidikan

Williams dibesarkan di sebuah pertanian di Clarks, Nebraska, di mana dia membantu dengan irigasi tanaman di musim panas. Ia kuliah di Universitas Nebraska selama satu tahun setengah, meninggalkan untuk mengejar karirnya.


Awal karir

Anak muda yang Kuliahnya tak tamat. Kerja luntang-lantung. Hidup pun dia harus berpindahpindah dari Nebraska, Florida, dan Texas, California, untuk mencari kerja.
“Setiap musim panas saya harus mengairi tanaman,” kata Evan Williams. Itu 10 tahun sebelum namanya berkibar sebagai pendiri Blogger.com dan Twitter.com.

Siapa sangka temuan ini lahir dari pemuda yang mengaku hidupnya berantakan. Sepuluh tahun hidupnya adalah sepuluh tahun yang sia-sia. Pada 1994, selepas SMA dia hidup bergantung pada kebodohan orang terhadap Internet. Saat Internet mulai tumbuh–apakah Anda sudah kenal Internet saat itu?–Williams memproduksi CD-ROM. Isinya video tentang cara menggunakan Internet. Dia juga menyewakan server untuk web hosting.

“Saya tak bisa bernegosiasi, kehilangan fokus, dan tak punya disiplin,” kata Williams. Bisnisnya amburadul. Sampaisampai dia punya utang pajak dan membuat karyawannya marah.

“Hidup saya adalah rangkaian orkestra kecelakaan,” ujar Williams. “Saya selalu mengidap halusinasi optimisme yang akut.” Pernah, dia sampai melek semalam suntuk di perusahaan pertamanya.

Tapi esoknya dia kebingungan mencari recehan yang tersisa sekadar untuk sarapan.

Sejarah mulai berpihak kepadanya setelah akhirnya dia bekerja di O’Reilly Media pada 1997. Ia mulai belajar teknik membuat web. Penyakit halusinasi optimistis menghinggapinya lagi. Dia melahirkan Pyra Labs dengan temannya, Meg Hourihan, membuat proyek Blogger, sebuah teknik mudah untuk membuat web.

Enam tahun kemudian, situs itu dibeli Google dan dia bekerja selama dua tahun untuk Goliath Internet itu.


Pyra Labs dan Blogger

Evan Williams dan Meg Meg pendiri Pyra Labs untuk membuat perangkat lunak manajemen proyek. Sebuah fitur mencatat berputar off sebagai Blogger, salah satu aplikasi web pertama untuk membuat dan mengelola weblog. Williams menemukan blogger "istilah" dan berperan penting dalam mempopulerkan blog "istilah" Pyra. Selamat keberangkatan Meg dan karyawan lainnya, dan akhirnya diakuisisi oleh Google pada tanggal 13 Februari 2003.

Williams sebagai salah satu dari PC Magazine's "People of the Year" di tahun 2004, bersama dengan Meg dan Paul Bausch untuk pekerjaan mereka di Blogger


Odeo

Evan meninggalkan Google pada Oktober 2004 untuk co-menemukan Odeo, sebuah perusahaan podcasting. Pada akhir 2006, Williams mendirikan Obvious Corp dengan Biz Stone dan lainnya Odeo mantan karyawan untuk mendapatkan semua properti sebelumnya dari para pendukung mantan Odeo's Pada bulan April 2007., Odeo diakuisisi oleh Sonic Mountain.


Twitter

Di antara proyek s Obvious Corp adalah kegugupan, jaringan sosial bebas dan layanan micro-blogging. Twitter sendiri berputar ke perusahaan baru pada bulan April 2007, dengan Williams sebagai salah satu pendiri, anggota dewan dan investor. Pada bulan Oktober 2008, Williams menjadi CEO kegugupan, menggantikan Jack Dorsey yang menjadi ketua dewan direksi. Pada bulan Februari 2009, Compete.com Twitter peringkat ketiga jaringan sosial yang paling banyak digunakan berdasarkan jumlah mereka 6 jutam pengunjung bulanan yang unik dan 55 juta kunjungan per bulan. Pada 14 April 2010, Twitter memiliki 105.779.710 pengguna terdaftar. Ia mendapat 300.000 pengguna baru setiap hari dan menerima 180.000.000 pengunjung unik per bulan. 75% dari lalu lintas yang berasal dari luar Twitter.com.


Kehidupan pribadi

Williams adalah seorang vegetarian. Dia tinggal di San Francisco Bay Area dengan istrinya, Sara Morishige. Mereka memiliki satu anak.


Sumber :

http://en.wikipedia.org/wiki/Evan_Williams_%28blogger%29
http://asrul.blogdetik.com/kisah-arsitek-twitter/
http://arizoners.blogspot.com/2010/05/segala-hal-tentang-penemu-blogger.html

Posting Terkait

1 comments:

ali said...

sangat memotifai memang setiap kesuksesan pasti diawali kesulitan

Post a Comment

Mikail Alfith Amarullah

↑ Grab this Headline Animator

IKLAN

  © Blogger Tamplates

Back to TOP